Menutup seri pelatihan Resiliensi Finansial bagi OMS, pada 15 s/d 19 Februari 2021, program Lingkar Madani menyelenggarakan pelatihan daring dengan tajuk “Strategi Finansial” melalui Learning Management System Lingkar Madani. Mengusung pendekatan belajar mandiri individu berbasis pendekatan teknologi. Para pengguna LMS Lingkar Madani telah mengakses materi pelatihan yang disampaikan oleh trainer dalam bentuk audio visual. Tak hanya itu, para pengguna juga dapat berinteraksi dengan para trainer melalui forum diskusi yang ada di dalam platform.

Pertemuan daring yang diselenggarakan pada 19 Februari 2021 merupakan puncak dari pelatihan Strategi Finansial ini. Sebanyak 28 orang peserta representasi dari 15 OMS mitra David and Lucile Packard Foundation Indonesia, dipandu dengan trainer, Mario Ginting dan Subhan -yang lebih familiar dipanggil Bajay- mengulas habis, mengisi, dan melakukan analisa kesehatan finansial organiasi dengan menggunakan indikator-indikator yang ada di dashboard kesehatan finansial organisasi.

Meski terkesan sangat teknis keuangan, dashboard kesehatan finansial organisasi merupakan alat bantu bagi OMS untuk pengambilan keputusan strategis yang akan mendukung penetapan strategi keberlanjutan finansial bagi organisasi selanjutnya. Para peserta pelatihan nampaknya juga mengamini hal ini, terbukti dengan antusiasme mereka pada saat mengikuti setiap proses pertemuan daring selama lebih dari 3 jam, dan umpan balik yang positif bagi kami sebagai penyelenggara. (TY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *