(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

MENU

Pelatihan

Crafting Meaningful Online Meetings & Workshops

26-27 Januari 2021. Yayasan Penabulu menyelenggarakan pelatihan “Crafting Meaningful Online Meeting & Workshops” selama dua hari, pada Rabu 26 Januari dan Kamis 27 Januari 2021. Penyelenggaraan pelatihan ini bekerjasama dengan InsightPact didukung oleh The David and Lucile Packard Foundation (Packard) dalam program Organizational Effectiveness. Pelatihan ini termasuk dalam tema Digital Learning yang bertujuan untuk penguatan organisasi mitra Packard di Indonesia menghadapi situasi pandemi agar tetap dapat menjaga dan meningkatkan kualitas kerjanya. Terdapat 77 peserta mitra Packard yang hadir. Meski diselenggarakan secara daring, pelatihan berjalan interaktif, dinamis dan memberikan pengetahuan yang solutif dan aplikatif untuk para mitra.

Pelatihan diberikan oleh Irene Laochaisri selaku Co-Founder InsightPact yang memiliki pengalaman fasilitator, design researcher, dan merupakan development practitioner berbasis di Bangkok, Boston, and Berlin. Ada pula Michou Tchana-Hyman selaku co-trainer yang juga memiliki pengalaman multi isu social entrepreneurship, youth development dan social innovation.

Di hari pertama diskusi berjalan sangat dinamis. Pelatihan dibuka melalui perkenalan seluruh peserta dengan cara yang unik: yaitu menyebutkan satu fakta menarik tentang diri kita. Lalu dilanjutkan dengan pengenalan InsightPact, kebutuhan teknis dan agenda yang akan dibicarakan dalam pelatihan.

Pelatihan pada hari pertama bertujuan untuk berbagi dan menumbuhkan ide tentang pendekatan dalam memfasilitasi kegiatan daring untuk bisa menjadi fasilitator terbaik. Kemudian dilanjutkan dengan sesi refleksi dan tukar ide tentang praktik baik yang pernah dilakukan masing-masing peserta.

Peserta dibagi dalam kelompok kecil untuk diskusi dengan metode simulasi kasus. Setiap kelompok diberikan kasus yang berbeda, masing-masing menarik dan pernah terjadi dalam keadaan nyata. Kemudian kelompok mempresentasikan rencana mereka terhadap kasus tersebut.

Di hari kedua, pelatihan bertujuan supaya peserta bisa membentuk rencana online event atau meeting dengan assessment tools yang diberikan oleh InsightPact yaitu dialogue canvas.

Mengingat banyaknya aktivitas secara daring yang gampang membosankan, Dialogue Canvas yang diberikan sangat solutif dan aplikatif untuk dijadikan acuan minimum dalam penyelenggaraan event secara online bagi para mitra.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penyedia Layanan

Pakar/ Narasumber

Jumlah Peserta

77 Orang

Dokumen terkait

Berkas-berkas kegiatan ini hanya tersedia untuk para Organisasi Masyarakat Sipil yang terdaftar sebagai mitra program Organizational Effectiveness dari the David and Lucile Packard Foundation.

Jika Anda adalah salah satu dari mitra tersebut namun mengalami kesulitan dalam mengakses berkas, silakan layangkan email ke coaching.dlpf@penabulu.id dan berikan penjelasan Anda. Terima kasih!

Masuk ke Akun Anda

(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

Adalah kerjasama antara Yayasan Penabulu dan The David & Lucile Packard Foundation
@2021. All Rights Reserved