(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

MENU

Pelatihan

Fasilitasi Interaktif dan Inovasi Melalui Miro

Pada 15 dan 17 Juni 2021, Yayasan Penabulu menyelenggarakan pelatihan virtual “Fasilitasi Interaktif dan Inovatif Melalui Miro” yang merupakan lanjutan dari diskusi interaktif “Potensi Inovasi Digital untuk Sektor Pembangunan.” Penyelenggaraan pelatihan ini bekerjasama dengan Saraswati dan didukung oleh The David and Lucile Packard Foundation (Packard) dalam program Organizational Effectiveness. Kegiatan ini termasuk dalam tema Digital Learning yang bertujuan untuk penguatan keterampilan teknik fasilitasi partisipatif dan kolaboratif melalui Miro bagi mitra Packard di Indonesia.

Menghadirkan Ester Margaretha (Project Manager, Saraswati) dan Chairunnisa (Assistant Project Manager, Saraswati) sebagai Trainer dan Co-trainer, hari pertama pelatihan dimulai dengan pembekalan peserta untuk mengenal digital tools yang dapat digunakan dalam kerja-kerja organisasi, seperti brainstorming, pencarian solusi, maupun refleksi dan mengembangkan rencana tahunan organisasi.

Selain Miro, sebenarnya terdapat beberapa alternatif digital tools lainnya seperti Jamboard, Mural, Figma, Slack serta Zoom Whiteboard. Pemilihan Miro dilakukan karena cukup mudah dan memiliki beragam fitur serta akses terhadap versi trial yang cukup lama. Miro memiliki cakupan fitur yang luas dan beragam sehingga bisa menciptakan aktivitas fasilitasi yang interaktif bahkan terdapat fitur Education dan bisa melakukan video call. Setelah dikenalkan dengan digital collaborative tools yang tersedia, peserta kemudian melakukan simulasi menggunakan Miro dan mengeksplorasi fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, sehingga pengetahuan yang diterima peserta sangat bersifat solutif dan aplikatif.

Pada hari kedua, peserta dituntun untuk mengenal lebih lanjut teknik menyusun dan menggunakan board dalam presentasi. Kemudian, dilanjutkan dengan melakukan simulasi menjadi fasilitator dengan menggunakan Miro. Terakhir, peserta melakukan refleksi dan evaluasi dari proses pelatihan ini.

Salah satu kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan pelatihan ini adalah beberapa istilah atau cara sulit dijelaskan secara daring dan akan lebih mudah jika dilakukan secara luring. Namun, secara keseluruhan, peserta cukup aktif mengikuti semua sesi pelatihan dan merasa bahwa pelatihan ini sangat relevan dengan kebutuhan mereka.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penyedia Layanan

Pakar/ Narasumber

Jumlah Peserta

10 Orang

Dokumen terkait

Berkas-berkas kegiatan ini hanya tersedia untuk para Organisasi Masyarakat Sipil yang terdaftar sebagai mitra program Organizational Effectiveness dari the David and Lucile Packard Foundation.

Jika Anda adalah salah satu dari mitra tersebut namun mengalami kesulitan dalam mengakses berkas, silakan layangkan email ke coaching.dlpf@penabulu.id dan berikan penjelasan Anda. Terima kasih!

Masuk ke Akun Anda

(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

Adalah kerjasama antara Yayasan Penabulu dan The David & Lucile Packard Foundation
@2021. All Rights Reserved