(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

MENU

Webinar

Mastering Your Emotion

“Judulnya mastering, berarti sedang berproses,” ujar penulis buku Hidup Mau Ngapain, Ali Zainal Abidin, membuka webinar Mastering Your Emotion, 20 April 2022. Menurutnya lagi, kosakata “mengendalikan” dan “mengelola” itu berbeda, sebuah kata bisa mempengaruhi respon kerja otak. 

Kata emosional dapat diinterpretasikan negatif, padahal manusia adalah makhluk emosional yang setiap waktu mengeluarkan berbagai rasa. Fahmi Adi Cahya, Arkadia Works, fasilitator webinar ini, penasaran bagaimana kita bisa mengidentifikasi emosional dengan banyaknya rasa yang timbul. 

“Semakin banyak perbendaharaan kosakata yang dimiliki, makin besar potensi untuk mengidentifikasi emosional,” kata Ali, “bete, murka, kesal, itu saja berbeda, berarti menggunakan pendekatan yang tidak sama dalam mengelolanya,” lanjutnya. 

Kosakata yang positif akan memberikan respon dan hormon, serta candu yang baik. Kata-kata punya kekuatan, maka kumpulkan kosakata yang mengaliri energi positif. Dan yang mesti digarisbawahi adalah tak ada kata terlambat untuk berproses. 

Untuk mengenali cara berpikir, salah satu cara bisa dilakukan dengan menulis. Mungkin, kita sudah mengenal perasaan dan semua itu hanya berada di kepala. Ini bisa jadi malah bikin tambah pusing. Dengan menulis, apa yang ada di kepala, bisa diuraikan, terlebih jika ada masalah, harus dituliskan berkali-kali. Misal, kita ingin memohon maaf kepada seseorang, kita harus membayangkan ia berada di hadapan kita dan kalimat apa yang akan kita ucapkan. Namun, Ali menekankan kita harus tahu  tujuan dari menulis dan ke mana arahnya. 

Fahmi terus melontarkan pertanyaan dengan berbagai kasus. Tak hanya soal rasa marah, kesal, dan teman-temannya, tapi juga rasa bahagia. Ia pun mengulang tentang bahwa otak tidak dapat membedakan peristiwa yang riil dan yang tidak, jika kita menggunakan perasaan. Dan otak pun bisa kita hacked, tapi bagaimana caranya? 

Tonton video di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya. Tidak sedikit, pertanyaan Fahmi dan peserta mendapatkan jawaban yang out of the box dari Ali Zainal Abidin, Co-Founder I’m on My Way.

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Penyedia Layanan

Pakar/ Narasumber

Jumlah Peserta

32 Orang

Dokumen terkait

Berkas-berkas kegiatan ini hanya tersedia untuk para Organisasi Masyarakat Sipil yang terdaftar sebagai mitra program Organizational Effectiveness dari the David and Lucile Packard Foundation.

Jika Anda adalah salah satu dari mitra tersebut namun mengalami kesulitan dalam mengakses berkas, silakan layangkan email ke coaching.dlpf@penabulu.id dan berikan penjelasan Anda. Terima kasih!

Masuk ke Akun Anda

[ultimatemember form_id="1821"]

(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

Adalah kerjasama antara Yayasan Penabulu dan The David & Lucile Packard Foundation
@2021. All Rights Reserved