(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

MENU

Webinar

Meditasi Melatih Pikiran yang Harmonis

Jika waktu lalu, kami menggelar webinar pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas, kali ini kami mengadakan Kelas Meditasi Kesehatan untuk mitra program Lingkar Madani, pada tanggal 20 Januari 2022, melalui platform Zoom. Mengapa meditasi?

Kita sering mendengar kutipan “Tubuh yang sehat berasal dari pikiran yang sehat”, sebaliknya, ketika pikiran kita menyebabkan stres, sulit tidur, kemarahan, atau lainnya, muncullah penyakit yang bisa berdampak pada performa kerja. Apalagi pada masa pandemi Covid-19, masalah tak hanya soal pekerjaan. Melihat situasi ini, kami bekerja sama dengan Bali Usada untuk memberikan program meditasi kesehatan badan dan pikiran.

Pada webinar pengenalan ini, Wirya Utari dari Bali Usada, menjelaskan mengenai Bali Usada sebagai pusat meditasi yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Merta Adi, pendiri Bali Usada, mengaplikasikan metode meditasi para leluhur yang berasal dari Bali, India, dan Tiongkok, dan juga berdasarkan pengalaman pribadi.

Lalu, sesi dilanjutkan oleh Martin Chris, instruktur senior Bali Usada, yang memperkenalkan tentang pemahaman meditasi kesehatan. Beliau menekankan bahwa meditasi ini tidak ada hubungannya dengan agama, kanuragan (kesaktian), dan tidak menyinggung jiwa, tapi melatih jiwa.

“Meditasi itu suatu teknik yang dibutuhkan dan digunakan sejak dulu kala. Kita dilahirkan mempunyai badan dan jiwa. Badan yang sehat belum tentu kuat, menguatkannya perlu dengan berolahraga. Jika pikiran sehat, kita bisa berinteraksi, bekerja, dan sebagainya, tapi belum tentu kuat”, terang Martin Chris.

Ia melanjutkan, selama inim ia kerap melihat orang ingin bahagia, tapi tidak tahu cara agar hidup bahagia. Yang harus dilakukan agar badan dan pikiran kuat, kemudian tercipta kebahagiaan adalah melatih pikiran harmonis. Jika sudah bisa melatih pikiran, maka akan mudah menyembuhkan penyakit, dan tetap bisa mengkonsumsi obat dari dokter. Dengan melatih pikiran yang harmonis, kita juga dapat membersihkan reaksi buruk memori, tapi bukan menghilangkannya. Selain itu, kita bisa mendapatkan konsentrasi yang baik, pikiran yang bijaksana, dan kebenaran hidup.

Berikut manfaat yang diperoleh dari meditasi melatih pikiran yang harmonis:

  1. Memiliki kelembuta dan cinta kasih untuk meraih ketenangan, kedamaian dan kebahagiaan;
  2. Dapat menyehatkan badan dan mengeluarka hormon baik;
  3. Melepaskan ketakutan agar tak lagi terganggu dengan reaksi buruk memori kita.

Usai menerangkan pengenalan meditasi kesehatan, ia mengajak seluruh peserta melakukan meditasi selama 20 menit. Selanjutnya, kelas ditutup dengan sesi tanya jawab. Ada yang bertanya soal rambut, dzikir, sampai cara mengatasi pusing kepala.

Di penghujung sesi webinar, Dwi Permadha, dari Lingkar Madani, mengajak para peserta untuk kembali bergabung pada kelas meditasi yang akan dilaksanakan secara reguler setiap Sabtu, mulai pada tanggal 29 Januari 2022, setiap pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penyedia Layanan

Pakar/ Narasumber

Jumlah Peserta

21 Orang

Dokumen terkait

Berkas-berkas kegiatan ini hanya tersedia untuk para Organisasi Masyarakat Sipil yang terdaftar sebagai mitra program Organizational Effectiveness dari the David and Lucile Packard Foundation.

Jika Anda adalah salah satu dari mitra tersebut namun mengalami kesulitan dalam mengakses berkas, silakan layangkan email ke coaching.dlpf@penabulu.id dan berikan penjelasan Anda. Terima kasih!

Masuk ke Akun Anda

[ultimatemember form_id="1821"]

(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

Adalah kerjasama antara Yayasan Penabulu dan The David & Lucile Packard Foundation
@2021. All Rights Reserved