(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

MENU

Pelatihan

Mengukur Keberhasilan Kampanye Digital

5 Mei 2021. Sebagai bagian dari seri Pelatihan Kampanye Digital, Yayasan Penabulu menyelenggarakan pelatihan daring selama dua hari, di tanggal 4 dan 5 Mei 2021, dengan tema “Mengukur Keberhasilan Kampanye Digital”. Pelatihan ini dihelat melalui platform Zoom dengan tujuan memberikan pengetahuan teknis tentang bagaimana cara mengukur efektivitas dari program kampanye digital, terutama terkait tentang bagaimana menggunakan tools pada saat pengukuran. Acara ini diikuti oleh tujuh orang peserta dengan Yudha Adi Marsongko, CEO dari Ygroup Asia Pte Ltd, sebagai pelatih.

Sesi hari pertama dimulai dengan penjelasan tentang pentingnya pengukuran pada program kampanye digital. Di sini pelatih memberikan penjelasan tentang mengapa sebuah program kampanye digital harus diukur, dan bagaimana periode waktu pengukuran yang tepat sebaiknya dilakukan. Dilanjutkan dengan memberikan gambaran tentang berbagai macam program kampanye digital dengan matriks pengukuran yang berbeda-beda. Sesi di hari pertama ditutup dengan penjelasan tentang bagaimana menggunakan satu tools tertentu dengan memberikan satu studi kasus, kemudian peserta diberikan tugas sederhana yang berkaitan dengan keseluruhan tema untuk selanjutnya dibahas dalam sesi pelatihan.

Sesi di hari kedua melanjutkan ke praktik dari sesi sebelumnya. Dibuka dengan review dari hasil pelatihan hari pertama dan dilanjutkan dengan belajar menggunakan tools pengukuran. Dimulai dari teknik penggunaan UTM dan pengenalan peserta tentang penggunaan source, medium dan konten. Lalu penjelasan dilanjutkan dengan lima tahapan kampanye digital, dimulai dari merancang hipotesis—menjalankan kampanye—mengambil data—menganalisis data—sampai kepada mengoptimalkan kampanye.

Tahapan berikutnya adalah penjelasan tentang contoh pengukuran yang bisa menganalisis siklus program berdasarkan kinerja utama sesuai dengan goal dan strategi taktisnya. Para peserta juga diberikan pemahaman tentang penggunaan Google Analytics dengan memasukkan parameter kunci yang kemudian dianalisis secara terstruktur. Dijelaskan juga teknik dalam melakukan analisis di platform Facebook melalui tiga pilar analisis. Sesi berlanjut tentang pemanfaatan Google Data Studio dan kustomisasi dashboard. Hal ini bisa menyederhanakan proses dan mempersingkat waktu pengukuran dan analisis. Pelatihan ditutup dengan paparan mengenai analisis aset media sosial.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penyedia Layanan

Pakar/ Narasumber

Jumlah Peserta

33 Orang

Dokumen terkait

Berkas-berkas kegiatan ini hanya tersedia untuk para Organisasi Masyarakat Sipil yang terdaftar sebagai mitra program Organizational Effectiveness dari the David and Lucile Packard Foundation.

Jika Anda adalah salah satu dari mitra tersebut namun mengalami kesulitan dalam mengakses berkas, silakan layangkan email ke coaching.dlpf@penabulu.id dan berikan penjelasan Anda. Terima kasih!

Masuk ke Akun Anda

(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

Adalah kerjasama antara Yayasan Penabulu dan The David & Lucile Packard Foundation
@2021. All Rights Reserved