(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

MENU

Pelatihan

Pola Pikir yang Mempengaruhi Kualitas Hidup

You can not live a positive life with a negative mind

Pola pikir itu penting. Ia  akan mempengaruhi bagaimana kita menjalani keseharian dan kualitas hidup. Bagaimana mengubah pola pikir dengan cepat? Kalimat ini meluncur sebelum pembicara, Ali Zaenal Abidin memulai pelatihan “How to change your mindset”, Kamis, 19 Mei 2022. 

Ali yang kerap menggunakan analogi pada setiap pembicaraannya,  bertanya kepada peserta, “Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata “otak’ dan “pikiran?” Lalu ia menganalogikan “suara” dan “pita suara”: pita suara adalah organ dan suara merupakan hasil dari pita tersebut. Begitu pula antara otak dan pikiran: otak ialah organ dan pikiran adalah salah satu hasil yang dikerjakan otak.  

Karena topik pelatihan mengenai mindset, maka ia mengajak peserta untuk memahami bahwa kata mind berarti pikiran, jika digabung dengan set, maka pengertiannya adalah pikiran yang sudah diatur. Nah, bagaimana cara cepat mengubah mindset, peserta diperkenalkan dengan ‘Teknologi Pengembangan Diri” sebagai salah satu fungsi mempercepat komunikasi, yang memiliki berbagai fitur. 

Lagi, ia bertanya dengan analogi, bagaimana menghitung angka-angka yang tertera di presentasi ini dengan cepat. Ia menyebut kalkulator dan excel, mana yang lebih cepat? Tentu saja excel. Tapi, jika seseorang tidak tahu fitur sum formula yang ada di program ini, ia tidak bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat dari kalkulator. 

Saat ini, sudah banyak platform belajar soal fitur diri. Semakin kita cerdas mengenali fitur tersebut, kita makin paham fitur-fitur yang akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari. 

Psikologi banyak mempelajari hal ini, tapi akan lebih cepat jika belajar tak hanya dari satu bidang. Sebab kita akan semakin banyak mendapatkan khasanah dan metode mengelola diri. Semua hal bersifat psikologi “pasti” biologis, maka  tak hanya bicara psikologi, tapi juga biologi. Ini merupakan salah satu yang mempercepat proses pembelajaran mindset.

Teknologi pengembangan diri. Screenshot discover your body – biologis. 

Tubuh kita terdiri dari triliunan sel saraf atau neuron. Di kepala saja ada 100 neuron milyar lebih. Salah satu fungsi neuron yaitu untuk menyimpan data, “Apa yang terlintas pikiran ketika mendengar kata ‘singa’? Si Raja Hutan, pemakan daging, dan berambut panjang? 

Setiap  neuron bisa terhubung sampai dengan 100.000 neuron lain. Saat menyebut singa dengan raja hutan, pemakan daging, itu berarti antara neuron berasosiasi. Yang kemudian neuron itu membentuk jaringan-jaringan neuron sendiri. Sedangkan, ketika dua neuron yang belum terhubung/asosiasi mulai terhubung—saat kita mempelajari hal baru, apa pun caranya, maka akan terbentuk asosiasi antara sel saraf. Ternyata, hal ini adalah fondasi (dasar) mempelajari mengubah pola pikir dengan cepat. Tentu saja kita harus memahami terlebih dahulu sebelum melangkah ke pembelajaran berikutnya. 

Biar kamu tak salah paham, langsung saja tonton video rekaman pelatihan How to change your mindset di sini

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Penyedia Layanan

Pakar/ Narasumber

Jumlah Peserta

4 Orang

Dokumen terkait

Berkas-berkas kegiatan ini hanya tersedia untuk para Organisasi Masyarakat Sipil yang terdaftar sebagai mitra program Organizational Effectiveness dari the David and Lucile Packard Foundation.

Jika Anda adalah salah satu dari mitra tersebut namun mengalami kesulitan dalam mengakses berkas, silakan layangkan email ke coaching.dlpf@penabulu.id dan berikan penjelasan Anda. Terima kasih!

Masuk ke Akun Anda

[ultimatemember form_id="1821"]

(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

Adalah kerjasama antara Yayasan Penabulu dan The David & Lucile Packard Foundation
@2021. All Rights Reserved