(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

MENU

Webinar

Potensi Inovasi Digital di Sektor Pembangunan

Yayasan Penabulu bekerjasama dengan Saraswati serta dukungan dari The David and Lucile Packard Foundation (Packard) menyelenggarakan diskusi interaktif dengan tema “Potensi Inovasi Digital di Sektor Pembangunan” pada Kamis, 10 Juni 2021.

Diskusi interaktif ini merupakan bagian dari program Organizational Effectiveness yang bertujuan untuk memberikan peningkatan kapasitas organisasi masyarakat sipil (OMS) di Indonesia dalam memperkuat resiliensi, khususnya di tengah situasi pandemi, terutama pada aspek transformasi digital untuk melakukan kerja-kerja sosial pembangunan.

Dihadiri oleh 40 orang peserta, kegiatan diskusi ini terbagi menjadi tiga sesi, yaitu Pitching, World Café, dan Talk Show. Terdapat tiga pembicara dalam kegiatan ini. Pertama ada Dimas Satrio (Product Development Session Head, Narasi.tv), Yulies Puspita (Assistant Director, Saraswati), dan Dede Setiawan (IT Specialist, Yayasan Penabulu) yang memberikan paparan dengan sangat baik dan memantik proses diskusi sehingga berjalan dalam suasana yang dinamis.

Dalam sesi Pitching, pembicara memperkenalkan diri dan keahlian mereka serta topik yang kemudian akan mereka bahas di dalam breakout room. Peserta diskusi kemudian memilih salah satu dari tiga ruangan (room) untuk berdiskusi langsung dengan para pembicara pada sesi World Café. Di ruangan pertama, Dimas membahas soal Human Center Design sambil menekankan bahwa teknologi bukan solusi utama dalam sebuah pemecahan masalah. Teknologi adalah alat untuk optimasi dan skalabilitas dalam sebuah solusi. Yulies, di ruang kedua, membahas soal Digital Collaborative Tools yang berkaitan dengan cara kerja produktif di masa serba digital. Salah satu yang membantu proses dan produktivitas komunikasi di dalam bekerja adalah melalui pemanfaatan platform kolaborasi digital yang bisa digunakan secara bersama secara real time. Satu ruangan lainnya dipandu oleh Dede yang membahas tentang Knowledge Management, terutama penggunaan website lingkarmadani.org sebagai alat pendukung dalam mendorong efektivitas pengelolaan pengetahuan.

Sesi terakhir adalah Talk Show yang dipandu oleh Ester Margaretha (Project Manager, Saraswati). Pada sesi ini, para peserta sangat antusias ketika membicarakan hasil diskusi dari sesi World Café.

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Penyedia Layanan

Pakar/ Narasumber

Jumlah Peserta

40 Orang

Dokumen terkait

Berkas-berkas kegiatan ini hanya tersedia untuk para Organisasi Masyarakat Sipil yang terdaftar sebagai mitra program Organizational Effectiveness dari the David and Lucile Packard Foundation.

Jika Anda adalah salah satu dari mitra tersebut namun mengalami kesulitan dalam mengakses berkas, silakan layangkan email ke coaching.dlpf@penabulu.id dan berikan penjelasan Anda. Terima kasih!

Masuk ke Akun Anda

[ultimatemember form_id="1821"]

(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

Adalah kerjasama antara Yayasan Penabulu dan The David & Lucile Packard Foundation
@2021. All Rights Reserved