(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

MENU

Pelatihan

Strategi Komunikasi Fundamental untuk Organisasi Nirlaba

Pada hari Senin tanggal 09 Agustus 2021, Yayasan Penabulu kembali menyelenggarakan Pelatihan Daring bertemakan Penggalangan Dana secara Digital, dengan judul “Strategi Komunikasi Fundamental untuk Organisasi Nirlaba”. Pada pelatihan kali ini, pemateri yang dihadirkan adalah Iqbal Hariadi yang merupakan Head of Brand and Communication Kitabisa.com

Kegiatan dibuka oleh Furi Rachmawati (Kitabisa.com) sebagai Moderator yang memberikan pengantar kegiatan, sekaligus memperkenalkan dan membacakan biodata Pemateri.

Mas Iqbal dalam hal ini sebagai pemateri kemudian melanjutkan dengan menginformasikan bahwa pada hari ini akan membawakan/ menyampaikan 4 modul, meliputi:

  1. Communication strategy and brand positioning on social media;
  2. Build social media persona;
  3. Principles of content marketing;
  4. Content creation and management.

 

Beliau juga menjelaskan aturan main selama sesi berlangsung, termasuk tanya jawab yang dapat dilakukan spontan saat sesi berlangsung dengan mengisi kolom komentar di chat box, dan/atau menekan tombol ”raise hand.” Selain itu, dari keempat modul tersebut akan ada sesi break setelah Modul 2 selesai disampaikan.

Modul 1 dimulai dengan pembahasan tentang “Branding and Social Media Marketing 101 for NGO” yang saat ini termasuk Dasar Fundamental untuk Organisasi, lalu beliau menceritakan sejarah singkat kitabisa.com, serta kemudian mengajak peserta menonton video bertema ”Diversity”, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Modul 2 adalah ”Build Social Media Personal,” dimulai dengan menyampaikan sebuah kata-kata motivasi dari Panji Pragiwaksono yaitu: “Sedikit lebih beda, lebih baik dari sedikit lebih baik.” Lalu Pemateri melanjutkan dengan membahas tentang tips ”tampil beda,” di antaranya dengan:

  1. Menentukan persona target;
  2. Menentukan masalah dan kebutuhan target;
  3. Menentukan gaya komunikasi;
  4. Menentukan format dan tujuan konten.

 

Modul 2 diakhiri dengan sesi tanya jawab, dan break (istirahat) selama sekitar 10 menit.

Modul 3 dimulai jam 10.30 WIB, membahas tentang “Principles of Content Marketing” dan sharing session tentang beberapa hal, di antaranya :

  • Prinsip-prinsip yang harus dipahami dalam membuat konten;
  • Nonton bareng video tentang social experiment dengan tema ”ngobrol pertama kali dengan teman tuli” –> gestur (body language) itu penting;
  • 3 Mindset Pillars –> having media company mentality, optimize marketing funnel (corong), and balance.
  • Sesi tanya jawab.

 

Modul 4 membahas tentang “Content Creation and Management” dan kuncinya adalah:

  1. Consistent content (asosiasi/ top of mind);
  2. Experiment and iterate (mencari irisan yang akan disampaikan dan diterima oleh audiens).

 

Lalu sesi diskusi dan penugasan mandiri untuk para peserta selama 10 menit yang dilanjutkan dengan presentasi dari perwakilan peserta.

Modul 4 diakhiri dengan closing statement dari Pemateri.

Moderator mengambil alih kembali sesi untuk kemudian menyampaikan beberapa hal, seperti ucapan terima kasih atas partisipasi aktif peserta serta pengumuman tentang sesi selanjutnya yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2021 oleh Fahri Amirullah (CEO Impacts Digital), bertajuk “Keberhasilan Kampanye Penggalangan Dana dengan Menggunakan Kerangka Kerja Praktis”.

Suasana pelatihan berlangsung nyaman, hangat dan interaktif, diikuti oleh 20 orang peserta yang hadir dari awal hingga akhir sesi secara konsisten.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penyedia Layanan

Pakar/ Narasumber

Jumlah Peserta

20 Orang

Dokumen terkait

Berkas-berkas kegiatan ini hanya tersedia untuk para Organisasi Masyarakat Sipil yang terdaftar sebagai mitra program Organizational Effectiveness dari the David and Lucile Packard Foundation.

Jika Anda adalah salah satu dari mitra tersebut namun mengalami kesulitan dalam mengakses berkas, silakan layangkan email ke coaching.dlpf@penabulu.id dan berikan penjelasan Anda. Terima kasih!

Masuk ke Akun Anda

(021) 78848321 / e-learning@penabulu.id

Adalah kerjasama antara Yayasan Penabulu dan The David & Lucile Packard Foundation
@2021. All Rights Reserved